Wednesday, June 4, 2014

Tugas Terstruktur Sejarah Peradaban Islam
Resensi Buku Pebaharuan dalam Islam Sejarah Pemikiran dan Gerakan
Penulis Buku Prof. Dr. Harun Nasution
“Sejarah Peradaban Islam”
Dosen Pengampu : Isa Ansohri, M. Ag
Nama   : Mahmud Noor Biyadli
    NIM                : 20111550022

Fakultas Agama Islam
Jurusan Tarbiyah
Universitas Muhammadiyah Surabaya
2014

Kata Pengantar  
            Alhamdulillah,,,Segala puja dan puji hanya kepada Allah semata yang telah memberikan rahmat dan ridho Nya sehingga tugas resensi buku untuk mata kuliah “Sejarah Peradaban Islam” dapat saya selesai dengan baik.
            Tak lupa shalawat dan salam tetap tercurahkan kepada Baginda Rasulullah saw yang telah membawa kita dari zaman jahiliyah menuju zaman kebenaran.
            Dan saya ucapakan terima kasih pula kepada semua pihak yang telah membantu saya dalam penyelesaian tugas resensi ini.

Surabaya, 5 Januari 2014
                                                                                                Penyusun

Tugas Terstruktur
Sejarah Peradaban Islam
Time Schedule
Nama               : Mahmud Noor Biyadli
NIM / SMT     : 20111550022 / 5 (Lima)
Judul Buku      : Pembaharuan dalam Islam Sejarah Pemikiran dan Gerakan
Penulis             : Prof. Dr. Harun Nasution
Penerbit           : PT Bulan Bintang
Cetakan           : Cetakan pertama, oleh NV Bulan Bintang, Jakarta, 1975.
  Cetakan keenam, PT Bulan Bintang, Jakarta, 1988.
Halaman          : 212 hlm

1 Des 2013
8 Des 2013
15 Des 2013
22 Des 2013
29 Des 2013
12 Jan 2014
Judul






Isi






Pendekatan






Hot Issues






Analisis







Surabaya,… Desember 2014

Dosen Pengampu,                                                                   Presensi


(Isa Ansohri, M.Ag)                                                    (Mahmud Noor biyadli)

Judul Buku      : Pembaharuan Dalam Islam Sejarah Pemikiran dan Gerakan
Penulis             : Prof. Dr. Harun Nasution
Cetakan           : Cetakan pertama, oleh NV Bulan Bintang, Jakarta, 1975.
  Cetakan keenam, PT Bulan Bintang, Jakarta, 1988.
Penerbit           : PT Bulan Bintang
Tebal Buku      : xii + 132 hlm; 18 x 25 cm

 
 






A.    Isi Buku
            Selain mengenai kelebihan dan kekurang buku, adapun ringkasan isi buku tersebut sebagai berikut.
Buku ini membahas tentang pemikiran dan gerakan pembaharuan dalam Islam, yang timbul di Zaman yang lazim disebut Periode Modern dalam sejarah Islam. pembahasannya mencakup atas pembaharuan yang terjadi di tiga negara Islam yaitu, Mesir, Turki  dan India-Pakistan.
Buku Pembaruan dalam Islam, Sejarah Pemikiran dan Gerakan karya Prof. Dr. Harun Nasution ini, terdiri dari sembilanbelas bab dengan 216 halaman. Sembilanbelas bab ini dibagi ke dalam tiga bahagin kembali, yaitu sebagai berikut.
·         Bahagian I, Mesir.
Bahagian ini, terdiri dari bab I sampai bab VII yang mencakup beberapa pendudukan tokoh-tokoh, Napoleon, Muhammad Ali Pasya, Al-Tahtawi,  Jamaluddin Al-Afghani, Muhammad Abduh, Rasyid Rida serta murid dan pengikut Muhammad Abduh.
Ekspedisi yang dilakukan Napoleon ke Mesir, menghasilkan ide-ide yang pada waktu itu belum mempunyai pengaruh terhadap umat Islam di Mesir. Tetapi, dalam perkembangan kontak dengan barat di abad kesembilan belas ide-ide itu makin jelas dan kemudian diterima dan dipraktekkan. Bagaimanapun, ekspedisi Napoleon telah membuka mata umat Islam Mesir akan kelemahan dan kemunduran mereka.
Muhammad Ali Pasya, merupakan seorang perwira yang ikut melawan tentara Napoleon. Namun, saat itupun dunia Islam sedang dalam keadaan kemundurannya, sedang dunia barat dalam keadaan maju. Muhammad Ali Pasya merupakan salah satu orang yang berpengaruh dalam pembaharuan Islam pada masa itu bersama tokoh lainnya, yaituAl-Tahtawi,  Jamaluddin Al-Afghani, Muhammad Abduh, Rasyid Rida.
·         Bahagian II, Turki.
Pada bahagian II ini, mencakup dari bab VII sampai bab XIII. Tokoh dan golongan yang berpengaruh, yaitu Sultan Mahmud II pembaharuan di Kerajaan Utsmani, Tanjimat atau penyusunan dan peraturan undang-undang baru, Usmani Muda dengan pemikiran-pemikirannya, Turki Muda yang terkenal dengan opposisi terhadap pemerintahan absolut Sultan Abdul Hamid, sampai pada tiga aliran pembaharuan (barat, Islam dan Nasionalis). Dan akhirnya Mustafa Kemal yang Sekularisme, yang tidak menghilangkan agama Islam dari masyarakat Turki, namun menghilangkan kekuasaan agama dari bidang politik dan pemerintahan.
·         Bahagian III, India-Pakistan
Pada bahagian terakhir ini, meliputi bab XIV sampai bab XIX. Bahagian ini, termasuk di dalamnya menjelaskan gerakan dan tokoh yaitu, gerakan Mujahidin, Sayyid Ahmad Khan, Gerakan Aligarh, Sayyid Amir Ali, Muhammad Iqbal, Muhammad Ali Jinnah dan Abdul Kalam Azad serta Nasional isme India.
B.     Pendekatan
            Dalam buku Pembaharuan Dalam Islam Sejarah Pemikiran dan Gerakan, pendekatan yang digunakan oleh Prof. Dr. Harun Nasution dalam menyampaikan apa yang ia tulis adalah pendekatan secara sejarah islam. Kenapa demikian ? karena buku tersebut masih dalam ranah pembahasan tentang sejarah walaupun di dalam buku tersebut ada sejarah pasang surut jumlah ummat islam dan perbedaannya dalam adat dan pemikiran dan berkembang menjadi sebuah acuan dalam berfikir ummat islam sekarang.

C.    Hot Issue
            Adanya konsep bisnis syariah itu dikembangkan dari apa yang disunahkan oleh Nabi Muhammad saw dalam berbisnis. Sebagaimana pendapat dari Adiwarman Karim, seorang ikon ekonomi syariah yang terkenal di Indonesia. Ia adalah Presiden Direktur Karim Businees Consulting dan menjadi dewan penasihat syariah di beberapa lembaga perbankan nasional dan internasional, berikut pendapatnya tentang ekonomi syariah : “Dalam sejarah, institusi ekonomi syariah belum ada pada zaman Nabi Muhammad saw. Namun, ajaran Islam sesungguhnya telah memberikan prinsip-prinsip dan filosofi dasar yang bisa menjadi pedoman dalam aktivitas perdagangan dan perekonomian. Di sisi lain, dalam sejarah perekonomian kaum muslimin, pembiayaan yang dilakukan dengan akad yang sesuai dengan syariah telah menjadi bagian dari tradisi umat Islam sejak zaman Nabi Muhammad saw. Begitu juga praktik-praktik seperti menerima titipan harta, meminjamkan uang untuk keperluan konsumsi dan bisnis, serta pengiriman uang. Fungsi utama perbankan modern yaitu menerima deposit, menyalurkan dana, dan melakukan transfer dana. Semua itu telah menjadi bagian tidak terpisahkan dari kehidupan umat Islam, bahkan sejak zaman Rasulullah …”.

D.    Analisis
·         Kelebihan
Selain terdapat hal-hal lumrah dalam sebuah buku seperti daftar isi, pendahuluan, pengantar, isi dan daftar buku bacaan/daftar pustaka, dalam buku ini juga tercantum hal lainnya, yaitu UU Hak Cipta, footnote, daftar nama-nama dan istilah serta catatan. Hal-hal tersebut menjadi sebuah penyempurna dan dapat pula disebut sebagai pelengkap yang bisa memudahkan pembaca untuk memahami buku ini.
·         Kekurangan
Dalam setiap apapun yang berhubungan dengan manusia takan lepas dari suatu salah dan khilaf. Maka dari itu, pasti dalam buku ini pun akan terdapat suatu yang dianggap kurang menurut si pembaca. Menrut peresensi, kekurangan yang terdapat dalam buku ini adalah Glosarium. Glosarium ini mencakup penjelasan dari kata-kata isi buku yang mungkin tidak dapat dipahami si pembaca. Yang terdapat dalam buku ini hanya daftar nama-nama dan istilah tanpa penjelasannya. Selain itu, tidak adanya revisi (belum ada) dari buku ini yang diharapkan bisa lebih jauh menjelaskan hal-hal mengenai pembaharuan dalam Islam beserta sejarah pemikiran dan gerakannya dengan menggunakan bahasa yang lebih baku dan jelas lagi.
Daftar Pustaka
Nasution, Harun, Pembaharuan dalam Islam Sejarah Pemikiran dan Gerakan, (Jakarta : PT Bulan Bintang, 1988)


No comments:

Post a Comment

silahkan berkomentar sebagai saran dan kritik, terimakasih